Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

1. Pertumbuhan dan Perkembangan

pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan pembesaran dari tiap-tiap sel yang menyebabkan penambahan volume yang disertai  perubahan bentuk. Pertumbuhan bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke ukuran semula) dan kuantitatif (dapat diukur).

Perkembangan adalah proses menuju dewasa melalui pertumbuhan dan perubahan suatu organisme. Pertumbuhan bersifat kualitatif (tidak dapat diukur).

Pertumbuhan dan perkembangan pada mahkluk hidup terjadi secara bersamaan. Pada tumbuhan Pertumbuhan dan perkembangan diawali dengan perkecambahan. Sedangkan pada hewan dan manusia diawali oleh pembelahan zigot. Pertumbuhan dan perkembangan pada serangga dan katak ada yang mengalami proses metamorfosis.

2. Pertumbuhan dan perkembangan Pada Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diawali dengan perkecambahan biji, selanjutnya tumbuh akar, batang, dan daun.

Pada tumbuhan monokotil hanya terjadi pertumbuhan primer, yaitu ujung batang dan daun tumbuh memanjang. Sedangkan tumbuhan dikotil terjadi pertumbuhan primer dan pertumbuhan skunder, yaitu membesarnya ukuran (diameter) batang yang disebabkan oleh aktifitas sel-sel kambium

                                            .

Dalam pertumbuhan dan perkembangannya tumbuhan paku dan lumut mengalami Metagenesis, yaitu pergiliran keturunan antara fase generatif dan fase vegetatif secara bergantian. berikut tahapannya:

a.Tumbuhan Lumut

               

b.Tumbuhan paku

                            

3. Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Hewan

Pertumbuhan dan perkembangan hewan dimulai dari terbentuknya zigot sampai hewan mencapai usia dewasa. Pada kelompok hewan tertentu mereka mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda dengan hewan umumnya.

katak dan beberapa serangga seperti kupu-kupu, kecoa, dan lalat mengalami metamorfosis, yaitu proses perubahan bentuk dari fase ke fase sampai menjadi suatu organisme dewasa.

Metamorfosis serangga terbagi menjadi 2, yaitu:

a.Metamorfosis sempurna (holometabola)

Tahapnya: Telur~>Larva~>Pupa~>Imago (dewasa)                                               Contoh: Kupu-kupu, nyamuk, lalat (bentuk hewan yang baru menetas dengan hewan dewasa jauh berbeda)

b. Metamorfosis  Tidak Sempurna (hemimetabola)

Tahapnya: Telur~>Nympha~>imago (dewasa)                                               Contohnya: Belalang, kecoa, capung (hewan yang baru lahir kebanyakan tidak   berbeda jauh dengan hewan dewasa dan tidak melewati fase pupa/kepompong)

Sedangkan katak perubahan tubuhnya menyesuaikan habitatnya dari air ke darat

Tahapannya: Telur~>Berudu~>Berudu Berkaki~>Katak

Dalam pertumbuhan dan perkembangannya hewan golongan cnidaria, contohnya hydra, ubur-ubur, koral mengalami Metagenesis (metagenetis pada tumbuhan dan hewan sama). Berikut tahapannya:

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s